Berlaga di 3 Provinsi, Kontingen FOPSSI Kaltim Target Masuk Final, Bonus Beasiswa Menanti

Berlaga di 3 Provinsi, Kontingen FOPSSI Kaltim Target Masuk Final, Bonus Beasiswa Menanti

Berlaga di 3 provinsi, kontingen FOPSSI Kaltim target masuk final, bonus beasiswa menanti. Para kontingen FOPSSI Kaltim ini diharapkan dapat mengharumkan nama Kaltim dan mengukir prestasi gemilang dalam kompetisi tersebut.

Asport.Akurasi.id, SamarindaPemprov Kaltim melepaskan kontingen Forum Pembina Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOPSSI) U-14 berlaga dalam piala Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) nasional. Pelepasan tim Fopssi/Asosiasi Sekolah Sepak Bola (ASSKA) Kaltim dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Senin (22/11/2021).

Kepala Disdikbud Kaltim Anwar Sanusi mengatakan, ada sekitar 14 orang pemain dari Kaltim yang diberangkatkan untuk memperebutkan piala bergilir Let. Jend TNI (Purn) Marciano Norman ke II November 2021.

“Pemain ini diambil dari seluruh Kaltim. Ada yang dari SMP dan SMA, karena ada yang usianya 14 tahun. Yang lebih luar biasa lagi ada pemain bolanya dari putri,” terangnya, usai kegiatan pelepasan kontingen.

Dikatakan, dalam memperebutkan piala bergilir itu, tidak semua provinsi di Indonesia turut berpartisipasi. Adapun provinsi yang turut berpartisipasi di antaranya Jawa Timur, DKI Jakarta, Tangerang, Bandung, Depok, Sidoarjo, Kalimantan Timur, Tangerang Selatan, dan Surabaya.

“Hari ini saya melepas calon juara, saya optimis mereka adalah calon juara. Walau 14 kontingen itu, satu di antaranya wanita. Mohon doanya masyarakat Kaltim mudah-mudahan anak-anak yang akan berangkat ini jadi juara,” ucapnya.

Berkaitan dengan dukungan yang akan diberikan, ditegaskan Anwar, Disdik Kaltim akan memasukkan anak-anak tersebut sebagai penerima Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT).

“Yang masih SMP dan mau masuk SMA, kami prioritaskan masuk di SKOI (Sekolah Khusus Olahraga Internasional). Karena ternyata anak-anak yang mendapat medali emas kebanyakkan anak SKOI. Artinya, SKOI ini benar-benar tempat mendidik calon juara,” ujarnya.

Sementara itu, Sekjen FOPSSI Kaltim Herwin Hussein menyampaikan, 14 anggota FOPSSI itu dipilih melalui kompetisi di daerahnya masing-masing. Seleksi dilakukan bagi anak-anak seluruh Kaltim.

“Kami pilih yang terbaik dari daerahnya masing-masing. Anak-anak ini berasal dari 6 kabupaten/kota, di antaranya Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Samarinda, Balikpapan, Paser, dan Mahakam Ulu,” terangnya.

Adapun persiapan yang dilakukan adalah pelatihan yang dilakukan selama 3 minggu di Samarinda. Tepatnya di Harapan Baru, Samarinda Seberang. Walaupun persiapan tersebut dapat dikatakan singkat, namun ia mengaku, tidak meragukan lagi kemampuan anak-anak dalam laga tersebut. “Anak-anak ini sudah ada dasarnya, 2 anak sudah pernah mengikuti kompetisi internasional,” sebutnya.

Berdasarkan hal itu, besar harapannya, kontingen FOPSSI Kaltim minimal dapat masuk dalam pertandingan final. “Targetnya paling tidak masuk semifinal atau final. Tapi kegiatannya mepet, pindah-pindah di 3 provinsi, di Kaltim, Jakarta dan Tangerang,” pungkasnya. (*)

Penulis: Devi Nila Sari
Editor: Redaksi Akurasi.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.