Bandara Kertajati Resmi Beroperasi Penuh: Tonggak Sejarah Baru dalam Transportasi Udara di Jawa Barat

Akurasin, Nasional. Kertajati, 29 Oktober 2023 – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati telah resmi beroperasi penuh pada hari Minggu, 29 Oktober 2023. Keberhasilan ini mengukir tonggak sejarah baru dalam perkembangan transportasi udara di Jawa Barat dan wilayah sekitarnya. Bandara ini siap untuk melayani lebih banyak penumpang, memajukan ekonomi lokal, serta meningkatkan konektivitas udara di kawasan ini.

Antusiasme Masyarakat Terlihat Jelas

Resmi beroperasi penuh, BIJB Kertajati menerima sambutan antusias dari masyarakat Jawa Barat. Pada hari peresmian, bandara ini disesaki oleh warga yang ingin menyaksikan momen bersejarah ini. Masyarakat datang dengan berbagai tujuan, ada yang ingin menjemput keluarga mereka, ada juga yang hanya ingin melihat dan berwisata di sekitar area bandara.

Salah seorang warga Indramayu, Edi Arnedi, sengaja datang ke Bandara Kertajati bersama keluarganya hanya untuk menyaksikan momen peresmian. Edi menyatakan, “Saya dari Indramayu. (ke sini) sama keluarga cuma ingin tahu aja kabarnya hari ini peresmian bandara.” Selain itu, ia juga berencana menghabiskan waktu libur di bandara ini. Dalam perjalanan mereka, Edi membawa perbekalan dari rumah.

Menurut Edi, Bandara Kertajati sangat dibutuhkan oleh masyarakat Jawa Barat. Karena lokasinya yang lebih dekat dibandingkan dengan bandara lainnya, Bandara Kertajati menjadi pilihan yang sangat praktis bagi warga setempat. “Sangat dibutuhkan banget. Lebih dekat dari Indramayu, khususnya warga Jawa Barat tidak perlu jauh-jauh lagi semisal mau naik pesawat,” ungkapnya.

Bandara Kertajati: Fasilitas yang Luas dan Layanan yang Berkualitas

Wini, seorang penumpang dari Subang, mengaku terkesan dengan fasilitas Bandara Kertajati. Menurutnya, area bandara ini lebih luas dibandingkan dengan Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Ia juga merasa senang dapat terbang dari Bandara Kertajati karena jarak tempuh dari rumahnya ke bandara ini lebih dekat dibandingkan dengan Bandara Husein Sastranegara di Bandung.

Selain itu, Bandara Kertajati menawarkan sejumlah rute penerbangan domestik yang telah tersedia sejak hari peresmian. Penumpang sekarang dapat menikmati layanan penerbangan domestik menuju beberapa destinasi populer, termasuk Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang. Dengan rute-rute baru ini, Bandara Kertajati berpotensi menjadi salah satu pusat transportasi udara terkemuka di Jawa Barat.

Peran Penting Bandara Husein Sastranegara

Meskipun banyak penerbangan telah dialihkan ke Bandara Kertajati, Bandara Husein Sastranegara tidak akan berhenti beroperasi. Bandara ini tetap melayani satu rute penerbangan, yaitu Bandung-Yogyakarta, menggunakan pesawat jet. Bandara Husein Sastranegara akan mempertahankan fungsinya dalam melayani penerbangan dengan pesawat jenis tertentu, seperti pesawat propeller, jet pribadi, pesawat militer, dan pesawat VIP. Ini merupakan langkah yang strategis untuk menjaga fleksibilitas dan mobilitas dalam sektor penerbangan regional.

Prospek Ekonomi yang Cerah

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyoroti potensi ekonomi yang cerah dalam pengembangan BIJB Kertajati. Selama kunjungannya ke bandara, Menteri Budi Karya Sumadi mendukung pengembangan bandara ini dan mengungkapkan bahwa harga tiket pesawat di Bandara Kertajati dapat menjadi lebih terjangkau, sebagian besar berkat diskon landing fee yang diberikan kepada maskapai yang melayani penerbangan di bandara ini.

Contoh konkret adalah rute dari Bandara Kertajati menuju Denpasar, Bali, yang dapat ditempuh dengan tarif hanya sekitar Rp600 ribu hingga Rp700 ribu. Diskon hingga 50 persen ini memberikan kesempatan bagi masyarakat Jawa Barat untuk mengeksplorasi destinasi tujuan favorit mereka tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Budi Karya Sumadi juga meminta maskapai penerbangan besar, seperti Garuda Indonesia, Citylink, Lion Air, Batik Air, dan AirAsia, untuk memberikan tiket khusus bagi penumpang, meningkatkan tingkat okupansi pesawat di BIJB Kertajati, dan mendukung perkembangan bandara ini.

Dalam kunjungannya ke berbagai negara, Menteri Budi Karya Sumadi menerima permintaan dari luar negeri untuk membuka destinasi penerbangan di Bandara Kertajati. Permintaan ini menunjukkan bahwa BIJB Kertajati memiliki prospek ekonomi yang sangat menjanjikan. Budi Karya Sumadi menyampaikan, “Banyak sekali permintaan luar negeri untuk datang ke sini. Saya waktu roadshow ke Arab Saudi, Dubai, Malaysia, dan India mereka sangat tertarik untuk menjadikan destinasi melalui Jawa Barat.”

Kontribusi terhadap Perekonomian Lokal

Perpindahan beberapa layanan penerbangan ke Bandara Kertajati diharapkan akan memberikan dampak positif pada perekonomian lokal. Pengembangan bandara ini akan menciptakan lapangan pekerjaan baru, baik langsung maupun tidak langsung, dan mendukung sektor pariwisata serta pertumbuhan ekonomi di wilayah Majalengka, Jawa Barat.

Pengoperasian penuh Bandara Kertajati adalah tonggak sejarah penting dalam pembangunan infrastruktur udara di Jawa Barat, dan hal ini membawa potensi signifikan untuk memperkuat konektivitas, pertumbuhan ekonomi, dan kemajuan wilayah ini. Bandara ini menjadi aset berharga dalam menghubungkan Jawa Barat dengan wilayah-wilayah lain di Indonesia serta negara-negara tetangga.

Pada titik ini, Bandara Kertajati mewakili sebuah masa depan yang cerah dalam perkembangan penerbangan dan ekonomi di Jawa Barat. Dengan dukungan penuh dari pemerintah dan antusiasme masyarakat, Bandara Kertajati siap menjadi motor penggerak pertumbuhan dan mobilitas di wilayah ini.(*)

Editor: Ani

The post Bandara Kertajati Resmi Beroperasi Penuh: Tonggak Sejarah Baru dalam Transportasi Udara di Jawa Barat appeared first on .

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *