PDIP Umumkan Ganjar Pranowo Capres 2024

Megawati mengumumkan Ganjar Pranowo capres 2024. Karena ketua umum PDIP itu ingin memberikan kado kepada partainya.

Kaltim.akurasi.id, Bogor – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi menunjuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang akan bertarung sebagai capres pada pemilu 2024 mendatang. Hal tersebut dipastikan pada pengumuman resmi yang dilaksanakan di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat pada Jum’at 21 April 2023 sekitar pukul 14.00 WIB.

Megawati mengumumkan Ganjar sebagai capres sehari sebelum Lebaran. Karena ketua umum PDIP itu ingin memberikan kado kepada partainya. Megawati mengumumkan nama Ganjar sebagai capres setelah melalui proses menyendiri.

“Menetapkan saudara Ganjar Pranowo, sekarang Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari PDIP,” kata Megawati.

Ia juga meminta seluruh kader untuk bersatu memenangkan kembali PDIP di Pemilu 2024. Dia meminta semua kader PDIP untuk disiplin.

“Saya minta semua untuk disiplin, disiplin, disiplin,” imbuhnya.

Megawati bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pengumuman ini. Selain itu, ada juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Berdasarkan pada UU Pemilu yang mengatur soal ambang batas untuk mengusung calon dalam pilpres (Presidential Threshold), PDIP adalah satu-satunya partai di parlemen saat ini yang bisa memajukan calonnya sendiri tanpa berkoalisi.

Meskipun demikian, jajaran PDIP telah melakukan serangkaian komunikasi politik ke sejumlah Partai Politik (Parpol) yang salah satunya untuk membicarakan perihal koalisi.

PDIP dan Koalisi Besar

Kabar terakhir, PDIP memang kerap dikaitkan dengan bakal Koalisi Besar yang kemungkinan bakal dihuni gabungan koalisi pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo. Koalisi besar tersebut diketahui potensial bakal diisi Golkar, PAN, PPP, dan Gerindra.

Diketahui sebelumnya, PDIP sebut sudah tuntas membahas capres yang akan bertanding di Pemilu 2024. Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto pun meminta agar seluruh anggota dan kader partai dapat menyikapi dengan bijak terhadap berbagai isu capres dan cawapres sebagai bagian politik nasional. (*)

Penulis: Muhammad Zulkifli
Editor: Redaksi Akurasi.id

The post PDIP Umumkan Ganjar Pranowo Capres 2024 appeared first on .

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *