Presiden Joko Widodo (Jokowi) Sambangi IKN untuk Groundbreaking dan Tinjauan Pembangunan

Akurasi, Nasional. IKN, 21 Desember 2023. Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur dengan melakukan kunjungan langsung untuk acara groundbreaking dan tinjauan pembangunan. Acara ini menjadi momentum penting dalam menjalankan visi pemerintah untuk merelokasi ibu kota dan memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Pada hari yang cerah, Presiden Jokowi tiba di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk melaksanakan serangkaian kegiatan yang mencakup peletakan batu pertama (groundbreaking) beberapa proyek strategis serta peninjauan langsung terhadap kemajuan pembangunan. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi negara, termasuk Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil.

Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan kegembiraannya melihat progres pembangunan IKN yang semakin nyata. “Saya senang dan menyambut baik bahwa pada pagi hari ini akan dilakukan peletakan batu pertama BSH Hub Community, yang berinvestasi di IKN ini,” ujar Jokowi, menunjukkan dukungan penuh terhadap proyek-proyek yang sedang berjalan di kawasan tersebut.

Salah satu poin penting yang disampaikan oleh Presiden adalah keinginan untuk melibatkan para konglomerat ternama dalam proses pembangunan IKN. Badan Otorita IKN telah mencatat bahwa ada 270 investor yang menyatakan minat berinvestasi baik dari dalam maupun luar negeri. Dalam upaya untuk mendorong partisipasi sektor swasta, Jokowi mengajak para konglomerat terkemuka untuk turut serta dalam pembangunan Ibu Kota baru ini.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Agung Wicaksono, menjelaskan bahwa sudah ada 10 perusahaan swasta yang melakukan groundbreaking, dan jumlah ini masih bisa terus bertambah. “Ada konsorsium 10 perusahaan, pokoknya jumlahnya masih bisa terus bertambah, karena semua sudah proses menuju titik akhir,” ungkap Agung.

Salah satu konsorsium yang mencuat adalah Agung Sedayu Group (ASG), yang akan membangun mall, hotel, dan perkantoran. Nama-nama besar seperti Agung Sedayu Group (Sugianto Kusuma), Salim Group (Anthony Salim), Sinarmas Group (Franky Widjaja), dan lainnya terlibat dalam proyek-proyek tersebut.

Selain melakukan groundbreaking, Presiden Jokowi juga melakukan tinjauan langsung terhadap proyek-proyek yang sudah berjalan. Ia mengapresiasi upaya pembangunan BSH Hub Community yang melibatkan pembangunan hotel bintang tiga dan restoran. Dalam pandangannya, pembangunan ini memberikan peluang baru bagi pengembangan ekonomi lokal.

Dalam upaya untuk memberikan insentif kepada UKM yang berinvestasi di IKN, Jokowi mengumumkan kebijakan pembebasan pajak untuk pajak penghasilan (PPH), pajak pertambahan nilai (PPN), dan PPH karyawan. Keputusan ini diharapkan dapat menjadi pemicu ekonomi bagi UKM yang ingin berinvestasi di IKN.

Pertemuan dengan para konglomerat juga menjadi sorotan utama. Beberapa pengusaha sukses, seperti Aguan, Prajogo Pangestu, Franky Wijaya, dan Boy Thohir, berdiskusi tentang proyek IKN saat makan malam bersama. Melalui pertemuan ini, Presiden berharap mendapatkan masukan berharga dari para pemangku kepentingan bisnis untuk mengoptimalkan pengembangan Ibu Kota baru.

Kunjungan ini mencerminkan komitmen serius pemerintah dalam mempercepat pembangunan Ibu Kota Negara. Dengan melibatkan sektor swasta dan para konglomerat, diharapkan proyek ini dapat menjadi tolak ukur baru bagi pembangunan infrastruktur di Indonesia dan menciptakan pusat ekonomi yang berkelanjutan di Kalimantan Timur.(*)

Editor: Ani

The post Presiden Joko Widodo (Jokowi) Sambangi IKN untuk Groundbreaking dan Tinjauan Pembangunan appeared first on .

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *